Gejala Dan Ciri Ciri Serangan Jantung Plus Pencegahannya

Gejala Dan Ciri Ciri Serangan Jantung Plus Pencegahannya

Ciri ciri serangan jantung. Seperti kita ketahui,akhir-akhir ini serangan jantung menjadi pembahasan utama dalam dunia kesehatan. Hal tersebut dikarenakan gangguan pada kesehatan jantung bisa muncul secara tiba-tiba. Bahkan seperti kita ketahui baru-baru ini seorang suami dari artis kenamaan di Indonesia meninggal dunia Akibat serangan jantung yang mendadak. Padahal kondisi kesehatannya sangat baik dan justru menerapkan pola hidup yang sehat. Namun, mengapa serangan jantung bisa menyerang orang yang sehat?

Jika orang yang terlihat bugar sekalipun dapat terserang penyakit jantung maka, bukan tidak mungkin orang yang malas berolahraga dan tidak menerapkan pola hidup sehat suatu saat akan mengalaminya.

Serangan jantung ternyata tidak hanya menyerang usia tua saja, namun belakangan ini banyak kaum muda yang tidak lepas dari penyakit berbahaya ini.

Ciri-ciri Serangan Jantung Pada Usia Muda

Ciri-ciri serangan jantung pada umumnya ialah nyeri pada bagian dada dan menjalar ke bagian bahu dan leher, disertai dengan keringat dingin serta sesak nafas dan jantung yang sering berdebar kencang. Namun. Ada juga beberapa penderita yang tidak merasakan gejala tersebut.

Dan bagi anda yang saat ini benar-benar merasa sehat, Tidak ada salahnya untuk memeriksakan kesehatan anda dengan berkonsultasi dengan dokter.

Dan sebelum anda mengecek kesehatan jantung ke dokter, ada baiknya simak ciri-ciri serangan jantung pada usia muda di bawah ini:

Sering Berdebar kencang

Bunyi detak jantung yang tidak teratur yang terjadi 1 hingga 2 menit bisa jadi pertanda ciri-ciri serangan jantung yang ringan. Detak jantung yang berdebar kencang biasanya akan terasa ketika malam hari di waktu tidur. Berbeda dengan siang hari, ketika tubuh beristirahat dengan tenang maka pendengaran dan tubuh anda akan merasakan gangguan detak jantung yang tidak teratur tersebut.

Dan jika dalam beberapa hari, anda sering mengalami detak jantung yang berdebar secara tidak teratur sebaiknya segera kunjungi dokter agar anda dapat mendapatkan perawatan yang tepat.

Keringat Berlebih

Gejala Dan Ciri Ciri Serangan Jantung Plus Pencegahannya

Ciri-ciri serangan jantung yang mungkin belum banyak diketahui ialah sering berkeringat secara berlebihan. Baik siang ataupun malam hari.

Hal ini akan terjadi walaupun suhu udara dan cuaca tidak terlalu panas meskipun tidak melakukan gerakan aktif. Biasanya ciri-ciri serangan jantung Seperti ini lebih dominan pada wanita.

Mudah Lelah

Gejala Dan Ciri Ciri Serangan Jantung Plus Pencegahannya

Mudah lelah merupakan ciri-ciri serangan jantung yang sebagian orang tidak sadari. Gejala seperti seperti ini biasanya terasa ketika melakukan aktivitas yang ringan akan tetapi merasa kelelahan yang begitu hebat. Dan lagi-lagi kaum wanita paling sering mengalami gejala kelelahan seperti ini.

Ada sekitar 70% wanita di Indonesia yang mudah lelah ketika beraktivitas sehari-hari dan akan lebih terasa ketika malam hari di waktu tubuh beristirahat.

Sumber: kompas.com

Gangguan Tidur

Gejala Dan Ciri Ciri Serangan Jantung Plus Pencegahannya

Gangguan tidur atau insomnia merupakan salah satu diantara ciri-ciri serangan jantung yang perlu Anda ketahui. Hampir banyak orang Bang yang mengalami susah tidur ketika malam hari, padahal di siang harinya Mata terasa begitu berat dan ingin tidur. Namun ketika malam hari justru mata susah sekali dipejamkan.

Sebetulnya insomnia sangat berkaitan erat dengan kesehatan jantung ,karena jantung tidak bekerja dengan normal dan kurang mendapatkan asupan oksigen dari aliran darah. Sehingga menyebabkan kecemasan serta sulit untuk merilekskan pikiran.

Masalah Pada Pernapasan

Gejala Dan Ciri Ciri Serangan Jantung Plus Pencegahannya

Ciri-ciri serangan jantung ciri-ciri serangan jantung juga bisa dirasakan ketika bernafas. Kondisi yang disebut dyspnea dapat terjadi lima sampai 6 bulan sebelum serangan jantung tersebut menyerang tubuh.

Rontok Pada Rambut

Banyak yang mengira kalau rambut rontok merupakan dari faktor usia. Akan tetapi, dalam banyak kasus bisa juga sebagai ciri-ciri serangan jantung di usia muda.

Nyeri Pada Dada

Gejala Dan Ciri Ciri Serangan Jantung Plus Pencegahannya

Rasa sakit pada bagian dada, biasanya terasa di bagian lengan kiri leher, bahu dan rahang. Memang tidak semua nyeri pada bagian dada diindikasikan sebagai gejala serangan jantung yang lemah. Dan sebaiknya jika anda merasakan gejala sakit pada bagian dada langsung Segera periksakan ke dokter terdekat sebelum terlambat menanganinya.

Sakit Pada Perut

Mungkin agak terdengar aneh jika nyeri pada perut menjadi ciri-ciri serangan jantung yang lemah. Namun lagi-lagi survei membuktikan ada 50% kasus pada serangan jantung mengalami gejala mual, kembung, dan terasa penuh. Gejala seperti ini ini biasanya akan muncul 2 bulan sebelum serangan jantung muncul salah satu indikasi umum, kalau nyeri pada bagian perut berkaitan dengan serangan jantung ialah ah di mana rasa nyeri tersebut berhenti dan kembali dalam waktu tu yang begitu singkat.

Pencegahan Setelah Mengetahui Apa Ciri Ciri Serangan Jantung

Salah satu pencegahan yang bisa anda lakukan dari sekarang ialah melakukan pola hidup sehat dan makan secara teratur dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh. Sebaiknya Anda mulai berpikir kalau makanan enak itu akan terasa nikmat ketika di mulut namun ujung-ujungnya pencernaan akan menjadi di tempat terakhir sebelum dikeluarkan menjadi feses.

Dan jika makanan tersebut baik, maka hal baik pulalah yang akan didapatkan oleh tubuh dan begitu juga sebaliknya.

Pola Makan Yang Sehat

Kebiasaan makan sehari-hari dapat menentukan kondisi kesehatan di masa yang akan datang. Meskipun pada awalnya tidak begitu terasa, namun ujung-ujungnya tubuh akan mengalami gangguan pada kondisi kesehatan.

Makanan yang berlemak tinggi menjadi jenis makanan yang paling diminati oleh masyarakat kita dan disusul dengan makanan manis di peringkat kedua.

POLA MAKAN UNTUK HIDUP SEHAT 

Dari kedua jenis makanan tersebut tentunya Anda dapat menyimpulkan sendiri gejala apa yang akan dialami jika sering mengkonsumsi kedua makanan tersebut.

Makanan yang berlemak tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat pada tubuh dan mengakibatkan menumpuknya plak pada aliran darah di sekujur tubuh. Dan tentunya aliran darah ah yang memompa ke jantung juga akan ikut terhambat dan pada akhirnya kerja jantung menjadi terganggu.

Konsumsi makanan manis, juga dapat mengakibatkan kadar gula darah menjadi naik serta meningkatkan kadar lemak dalam tubuh dan bukan menjadi energy.

Sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang berlemak tinggi dan juga makanan yang memiliki kalori yang tinggi pula. Dan mulai menerapkan pola makan sehat sesuai yang dianjurkan oleh para ahli gizi.

Menggerakan Tubuh

Cara pencegahan penyakit jantung bisa diatasi dengan melakukan aktivitas fisik yang rutin setiap hari seperti melakukan jalan kaki di pagi hari minimal 2 jam dalam setiap minggu. Atau au 15 menit dalam sehari. Cara ini terbilang efektif karena dapat membakar kalori yang ditimbun dari makanan yang kita konsumsi. Ditambah lagi aktif bergerak setiap hari dapat membuat otot tubuh menjadi lebih kuat.

Itulah sekilas tentang penjelasan ciri-ciri serangan jantung pada usia muda baik pada wanita maupun pria. Dan mudah-mudahan tips tentang pencegahan serangan jantung di atas ini dapat memberikan gambaran tentang bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh khususnya jantung agar harapan hidup jadi lebih lama.

Semoga bermanfaat.!

× Bisa Kami Bantu?